5 KEUNTUNGAN YANG ANDA DAPATKAN SAAT MATI LAMPU (PEMADAMAN LISTRIK)


nisezone.files.wordpress.com

Sebagian orang menganggap bahwa mati lampu merupakan hal paling menyebalkan dalam hidupnya. Terutama pada masyarakat modern ini. Dengan mati lampu atau pemadaman listrik, mereka menganggap tidak ada hal menarik yang dapat di lakukan seperti bermain game, browsing informasi ataupun menonton video online di youtube ataupun aplikasi lain yang sejenis dengan youtube.

Tapi ada hal yang tidak mereka sadari. Hukum yang sudah ada sejak dulu, Di setiap kelebihan pasti ada kekurangan begitu pula sebaliknya Di balik kekurangan pasti ada kelebihan.

Begitu juga yang terjadi saat pemadaman listrik. Di saat itu anda mungkin mengeluh, Ah....mati lampu, gak seru deh. Mana dikit lagi udah menang lawan boss arena, Yah...mati lampu. Pas adegan romantis lagi, Aduh, mati lampu. Berkas-berkas ini semua kalo gak segera di kerjain sekarang gak bakalan cepet selesai. Dan berbagai keluhan lain yang secara otomatis anda ucapkan melalui mulut anda atau anda ungkapkan di dalam hati anda.

Tapi di balik ketidaknyamanan yang anda rasakan itu ada hal yang tidak terpikirkan oleh anda selama ini, yaitu :

1. Saat pemadaman listrik atau mati lampu, anda yang selama ini sibuk mengurus berbagai berkas ini dan itu, jadi punya waktu istirahat. Anda sudah bekerja cukup lama di kantor dan begitu anda pulang, anda membawa sisa-sisa pekerjaan anda ke rumah. Otomatis anda tidak akan punya waktu untuk bercengkerama dengan keluarga kecil anda atau bercanda ria dengan keluarga besar anda. Pada saat mati lampu, anda tidak akan bisa mengerjakan sisa pekerjaan kantor anda di rumah. Begitu anda membuka pintu, anda melihat keponakan anda atau anak anda sedang bercanda ria dengan sorotan cahaya dari lentera kecil di meja. Anda yang biasanya mengabaikan mereka dan membiarkan mereka bercanda. Kini bisa ikut bercanda dan tertawa bersama mereka. Dan saat anda tertawa bersama anak-anak anda serta isteri anda, saat itu juga anda merasakan kehangatan yang selama ini anda lupakan saat nyala lampu.

2. Saat pemadaman listrik atau mati lampu, anda bisa mengistirahatkan mata anda. Terutama bagi kalian yang suka bermain game baik online maupun offline, baik di smartphone maupun di PC. Kalian yang suka nonton anime ber jam-jam, kalian yang suka nonton drama ber jam-jam dan apapun jenis kegiatan itu yang berhubungan dengan layar dan radiasi. Dengan mati lampu, PC kalian tidak akan bisa menyala dan beberapa menit kemudian mata anda akan merasa nyaman karena tidak terpapar radiasi dari layar PC. Bagi anda yang menggunakan laptop/notebook, menggunakannya dalam keadaan gelap justru akan melipatgandakan radiasi yang akan di terima oleh mata anda. Mungkin anda juga sudah tahu jika radiasi PC ataupun smartphone adalah salah satu penyebab kanker mata. Jujur, saya sendiri merasa tidak nyaman jika harus menatap layar PC atau smartphone dalam keadaan gelap (mati lampu). Jadi buat kalian yang sering memaksakan mata kalian untuk menatap layar PC atau smartphone kalian, sebaiknya hentikan itu saat mati lampu. Karena sebenarnya mati lampu adalah kesempatan bagi mata anda untuk beristirahat total hingga lampu / listerik kembali menyala.

3. Saat pemadaman listrik atau mati lampu, anda bisa tidur lebih awal dan pastinya akan bangun lebih awal di keesokkan harinya. Dengan mati lampu kegiatan-kegiatan seru yang biasa anda lakukan saat nyala lampu akan hilang. Dengan hilangnya kegiatan-kegiatan seru saat nyala lampu seperti main game, nonton televisi, dengerin radio, karaoke-an dlsb. yang berhubungan dengan listrik. Anda akan merasa malas untuk berbuat apapun sehingga anda akan memilih untuk langsung tidur saat itu juga.

4. Saat pemadaman listrik atau mati lampu, anda bisa menikmati pemandangan indah di langin yang penuh bintang. Ya, semua yang berada di langit terlihat jelas saat mati lampu. Cahaya-cahaya lampu rumah yang menyilaukan mata anda akan hilang dan membuat anda leluasa melihat segala hal yang ada di langit malam yang bersih tanpa awan. Jika anda merasa kurang nyaman menikmati pemandangan itu sendirian, anda bisa mengajak teman akrab anda atau mungkin pacar anda untuk melihat bintang yang bertebaran di langit. Dengan menghamparkan sebuah alas di atas tempat yang luas, dengan cahaya api kecil yang menemani kalian berdua. Kelihatannya tidak kalah menarik dengan mengajaknya pergi makan di restoran berbintang dengan setting yang romantis.

5. Saat pemadaman listrik atau mati lampu, kalian bisa merasakan apa yang orangtua kalian atau kakek-nenek kalian rasakan dulu. Memang tidak banyak orangtua yang menceritakan beberapa kisah-kisah hidupnya semasa dia muda kepada anak-anaknya (mungkin orangtua kalian salah satunya). Namun juga terlalu banyak untuk di katakan sedikit. Pada masa mereka, listrik tidak seperti sekarang. Banyak beberapa daerah yang masih menggunakan lampu minyak atau obor sebagai alat penerangan mereka. Mungkin orangtua kalian pernah bercerita tentang bagaimana serunya belajar bersama lima orang teman dengan satu buah lampu minyak sebagai penerangan mereka. Saat sedang asyik-asyiknya memindah materi pelajaran atau mengerjakan soal, salah satu atau salah dua dari lima orang tadi menempatkan kepalanya terlalu dekat dengan lampu minyak agar bisa melihat tulisan mereka dengan jelas. Meraka berdua tidak sadar dengan kepala mereka saat itu. Hingga akhirnya mereka kaget karena api yang seharusnya hanya berada pada lampu minyak, kini juga berada pada kepala kedua orang tadi. Tiga orang teman mereka membantu memadamkan api itu secepat yang mereka bisa dengan apapun yang ada di dekat mereka saat itu dan dengan cara apapun yang mereka ketahui.

Barusan itu adalah cerita yang pernah orangtua saya ceritakan pada saya. Lain negara lain bahasa Lain orang lain juga ceritanya. Apa orangtua kalian pernah bercerita serupa dengan cerita di atas, atau mungkin cerita berbeda yang jauh lebih unik?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Furigana, Hiragana dan Katakana

Sultan Mehmed II

Terkurung Di Hutan Hidup - part03